Senin, 28 Desember 2015

BAND POST-HARDCORE/SCREAMO INDONESIA TERBAIK (menurut loe??)

1.THIRTEEN

Band yang dulunya sempat bernama Devil May Cry ini menjadi band post-hardcore peringkat pertama menurut gue, soalnya dari cara main musik, ciri khas, dan tetap bertahannya genre (gak kaya band tetangga) ini paling keren. Band asal jakarta yang tahun 2014 kemaren meluncurkan album EP mereka yang bertajuk UNDEAD yang berisikan 4 lagu dan pergantian personil baru, yaitu sang vokalis yang sekarang Ardiansyah mengganti sebelumnya Raynard yang mengundurkan diri karena sibuk dengan kuliahnya dan basist sekaligus clean vokal jodi diganti Riko dan raditya akbar diganti MP.

Pergantian personil ini sangat berpengaruh dalam gaya bermain musik mereka, menurut saya sih keren-keren aja, tapi kebanyakan menurut mereka perubahan terjad pada permainan synthesizer(eponk) yang lebih sedikit "bermain" ketimbang di album sebelumnya "EPIDEMIC" (wajar aja sih, asal ga ngerubah genre aja) tapi dari Thirteen sendiri perubahan musik terjadi pada drummer yang sempat diwawancarai di salah satu radio di jakarta.

Bulan November kemarin Thirteen merilis single baru berjudul KOSONG di lagu ini, jujur ini keren banget breackdown dan synth nya keren abis tapi video clip nya masih kurang banget, dan masih dalam CROOZ RECORD
                                  









 Ini dia tetangganya Thirteen (oopps) KILLING ME INSIDE(KILLMS). Band bergenre screamo/post-hardcore/pop asal jakarta (tuh kan bener tetanggaan) yang tahun ini sempatmenghajar Korea Selatan dan tur keliling indonesia bersama Rocket Rockers. Band yang sering gonta-ganti pasangan (ehh personil) terakhir perginya Onad sang vokalis yang menurutnya Killms sudah tidak sependapat lagi dengan dia si Onad (emang onad pengennya apa sih) iya tuh.

Band yang sempat dihujani hatters yang menurut mereka Killms itu ganti genre (iya juga sih) sempat mengurangi suara scream yang khasnya dari genre screamo. tetapi Killms tidak putus asa, di album One Reason(2012) menunjukan bahwa mereka konsisten dengan genre awal mereka (tapi tetep aja kalo ga semuanya diisi scream mah) tapi gajuga sih. di tahun 2014 Killms menggaet Vokalis baru Savira Razak alumni Mamamia 2007. menurut gue ini formasi yang pas. Sip dah :D.

Di tahun yang sama Killms menggelontorkan album baru bertajuk Rebirth : A New Beginning yang isinya ga beda jauh sama One Reason (2012) yang isinya ada lagu post-hardcore/screamo dan pop pastinya (lumayan lah) dan di lagu Fake Killms mem-Featuring mantan (ehh mantan) :p, si Sansan , dan dia ikut scream juga di lagu ini.

Band yang udah cukup lama dari tahun 2005 dan sudah mengeluarkan 4 full album.



 

Kalau yang 2 teratas tadi dari Jakarta, sekarang baru ke kota kembang Bandung. DEAD WITH FALERA(DWF) band yang menurut gue masih baru, tahun 2010 mereka berformasi. Band bergenre Electronicore/post-hardcore. ini band bener-bener menempatkan EDM ke dalam lagu-lagu mereka. tapi menurut gue band ini masih kurang, kaya penempatan breackdown, kurangnya ada sentuhan-sentuhan yang khas, tapi dari permain EDMnya udah mantep sih. band yang lumayan jenius (iyalah dari bandung mah gausah diraguin):D. 

Walaupun masih baru tetapi DWF udah mondar-mandir di Festifal-festifal kelas nasional, mereka pernah manggung di JAKCLOTH,HELLPRINT,BANDUNG BERISIK, dan segala tournya keliling indonesia. walaupun di posisi ke-3 DWF gue yakin punya banyak potensi buat keliling dunia, maju terus deh.

Band yang saat ini beranggotakan Dixie(vokal)  Bugs(bass, backing vok) Angga(syntheizer) Febby(drum) Kumank(gitar) Band yang tahun 2014 kemarin mengeluarkan full album pertama mereka bertajuk "Fire and Ice". spesial nihh gue kasih link download nya. :D

link download klik aja gambar album DWFnya oke!!:D 


 

Yap band asal jakarta, DIVIDE. Band yang udah beberapa kali keliling indonesia dan manggung bareng band-band underground eropa sewaktu konser di jakarta. Band yang sekarang beranggotakan Dhenaldi Savirio : Lead Vocal Danindra "Uda" Kamil : Clean Vocal Kreshna "Bolo" Narendra : Lead Guitar Willfred "Will" Nugroho : BassFikrie "Fik" Handoko : Guitar "Nicko" Rahmat Prabowo : Drum. DIVIDE juga pernah mampir ke singapura waktu tour konser EMMURE ke asia.

Sebenernya dari cara mereka bermain, pengalaman, dan lagu, DIVIDE bisa saja menduduki peringkat 2 maupun 3 tetapi ini kan menurut gue :D (truss kenapa loe nempatin DIVIDE ke-4?) oke gue lebih suka gaya musik Killms karena khas bingitss, lalu juga DWF mereka punya potensi, jadi yang "tua" ngalah dikit lah :p. gue suka sama scream nya DIVIDE ini cocok sama genre Post-hardcore.

Band yang tahun 2014 kemarin merilis singke baru berjudul Downfall : The Beginning bisa langsung cek aja di bawah ini.

 


Kien sing arek-arek suroboyo, yap SEBUAH TAWA DAN CERITA(STDC) band yang Post-Hardcore banget asal Surabaya jawa tengah, yang sering banget tur keliling indonesia, dan pas tanggal 15 desember tadi STDC baru habis manggung bareng DIVIDE di Bali.

Band yang beranggotakan Anggie Kobo - Guitar/Clean Voc Andy William - Lead Guitar Reka Fernanda - Drums Rendha Saksila - Bass Wildan Setiawan - Vocal.

Oke itu semua Band-band PHC/Screamo terbaik di indonesia, itu menurut gue, (menurut loe??) sebenarnya indonesia punya band-band underground yang keren dan berbakat semua, mereka punya kelebihannya masing-masing. dengan banyaknya para haters yang sok tau banget tentang genre ini membuat sebagian mereka pesimis malah merubah genrenya(itu hak mereka sih), terus pas berubah malah dicacimaki lagi hadehh(pribee toh yoo), kata gue mah genre ini tuh cuma butuh wadah buat berkembang. sekarang juga udah bagus sih dengan adanya, HELLPRINT TOUR 2015 yang meng-audisi band-band underground di jawa barat buat main di HELLPRINT 2016 yang ada di bandung. (udh kepanjangan nih) oke maju maju maju majuuu terus musik ini. bye joss!! :D
















2 komentar: